Photobucket
SELAMAT DATANG DI BLOG INI SEMOGA POSTINGANNYA BERMANFAAT (JANGAN LUPA BERKOMENTAR YA DAN JANGAN LUPA DI FOLLOW)

Google.cn (China) Berhenti Beroperasi

Google.cn (China) berhenti beroperasi. Google agaknya mulai mewujudkan ancamannya untuk meninggalkan China. Situs utama Google di China, yang beralamat di Google.cn, kini tak lagi tersedia.

Mulai 'hengkang'-nya Google dari China diumumkan oleh David Drummond, SVP, Corporate Development dan Chief Legal Officer Google dalam blog resmi Google.

"Kami telah menghentikan sensor di layanan search kami, termasuk Google Search, Google News dan Google Images yang ada di Google.cn," ujar Drummond.

Nah, dari China daratan, kini situs Google.cn pun tak bisa diakses. Pengguna yang mencoba membuka situs itu akan diarahkan pada Google.com.hk, yaitu yang menggunakan server di Hong Kong.

"Kami sangat berharap pemerintah China menghormati keputusan kami, walau kami sadar bahwa mereka bisa kapan saja memblokir akses pada layanan kami," tulis Drummond.

Benar saja, di halaman khusus Google yang memonitor ketersediaan layanan di China, beberapa layanan Google nampak telah diblokir. Layanan yang telah diblokir adalah:

  • YouTube
  • Google Sites
  • Blogger
Sedangkan layanan yang diblokir sebagian adalah:
  • Google Docs
  • Picasa
  • Google Groups
Google mengancam dua bulan lalu untuk berhenti menyaring hasil pencarian situs web untuk menghapus isi yang bagi Cina dianggap tidak pantas. Cina juga memblokir berbagai situs internasional seperti Facebook, Twitter dan Youtube dengan menggunakan sistem yang disebut Great Firewall

Drummond mengatakan Google akan mempertahankan tim riset-nya di China. Tim penjualan Google juga masih akan bekerja di China selama Google.com.hk masih bisa diakses.

Cina juga telah memperingatkan perusahaan raksasa internet Google agar mematuhi hukum di Cina walaupun Google memutuskan untuk menarik diri dari negara tersebut sebagai protes atas sensor dan pembobolan yang terjadi.

Juru bicara kementerian perdagangan Cina mengatakan jika Google akan meninggalkan Cina maka mereka harus memberitahukan kementerian, dan mereka belum melakukannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...